Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Dunia dan Doa saat Berduka Cita

Kumpulan bacaan doa untuk orang yang meninggal dunia dan doa saat sedang berduka cita.
Bacaan doa untuk orang meninggal dan kumpulan doa saat berduka cita./Freepik
Bacaan doa untuk orang meninggal dan kumpulan doa saat berduka cita./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Islam mengajarkan kepada setiap umat muslim untuk mendoakan saudara muslim yang meninggal dunia. Berikut kumpulan doa untuk orang meninggal dunia lengkap dengan artinya.

Kepergian orang terkasih selalu meninggalkan duka mendalam bagi seseorang. Rasa duka akibat kehilangan orang yang tersayang kerap membuat seseorang merasa terpuruk. 

Namun, Anda bisa mengirimkan doa untuk orang meninggal alih-alih berlarut dalam kesedihan. Di tengah suasana haru, doa menjadi pengantar cinta dan harapan untuk mereka yang telah tiada.

Anda dapat membaca doa untuk orang meninggal di mana saja, tetapi dianjurkan untuk membaca doa di dekat makam orang yang meninggal.

Bacalah doa dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Sebutkan nama lengkap orang yang meninggal saat membaca doa. Yang terpenting adalah Anda kirim doa untuk orang meninggal dengan ikhlas dan penuh keyakinan.

Semoga Allah SWT menerima doa-doa kita dan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada orang-orang yang sudah meninggal. Berikut kumpulan doa untuk orang yang sudah meninggal dan artinya.

Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Laki-laki

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاجْعَلِ اْلجَنَّةَ مَثْوَاهُ. اللّهُمَّ ابْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ. اَللَّهُمَّ أَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدْخَلَهُ

Latin: "Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ’anhu waj’alil-jannata matswahu. Allahumma-abdilhu daran khairan min darihi, wa zaujan khairan min zawjihi wa ahlan khairan min ahlihi. Allahumma innahu nazala bika wa anta khairu manzulin bihi. Allahumma akrim nuzulahu wawassi’ madkhalahu"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah almarhum, berilah ia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya, dan jadikanlah surga sebagai tempat tinggalnya. Ya Allah, gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, istri yang lebih baik dari istrinya dahulu dan keluarga yang lebih baik dari keluarganya dahulu. Ya Allah, ia telah tiba di sisi-Mu dan Engkaulah sebaik-baik tempat untuknya. Ya Allah, muliakanlah keturunannya dan lapangkanlah pintu masuknya."

Doa untuk Orang Meninggal Perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ وَارْحَمْهاَ وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهاَ وَاجْعَلِ اْلجَنَّةَ مَثْوَاهاَ. اللّهُمَّ ابْدِلْهاَ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهاَ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهاَ. اَللَّهُمَّ أَكْرِمْ نُزولَهاَ ووسِّعْ مَدْخَلَهاَ

Latin: "Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu ’anha waj’alil-jannata matswaha. Allahumma-abdilha daran khairan min dariha, wa zaujan khairan min zawjiha wa ahlan khairan min ahliha. Allahumma innahu nazala bika wa anta khairu manzulin biha. Allahumma akrim nuzulaha wawassi’ madkhalaha"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah almarhumah, berilah ia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya, dan jadikanlah surga sebagai tempat tinggalnya. Ya Allah, gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, suami yang lebih baik dari suaminya dahulu dan keluarga yang lebih baik dari keluarganya dahulu. Ya Allah, ia telah tiba di sisi-Mu dan Engkaulah sebaik-baik tempat untuknya. Ya, Allah, muliakanlah keturunannya dan lapangkanlah pintu masuknya."

Doa saat Mata Jenazah Terpejam

اَللهمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ وَاخَلُفْهُ فِي عَقِبِهِ الْغَابِرِيْنَ وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ وَامْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَنَوِّرْلَهُ فِيْهِ

Latin: "Allahummaghfirlahu warfa’ darajatahu fil-mahdiyyina wakhlufhu fi ‘aqibihil-ghabirina waghfirlana wa lahu ya Rabbal-‘alamina wamsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, angkatlah derajatnya, dan masukkanlah ia ke dalam golongan orang-orang yang memperoleh petunjuk, berilah keluarganya ganti yang lebih baik. Ampunilah dosa kami dan dosanya, wahai Tuhan semesta alam, serta luaskan dan terangilah kuburnya."

Doa supaya Orang yang Meninggal Husnul Khotimah

Latin: "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, turut berduka cita atas meninggalnya (nama almarhum/almarhumah) semoga husnul khotimah dan segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT."

Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali, turut berduka cita atas meninggalnya (nama almarhum/almarhumah) semoga husnul khotimah dan segala amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT."

Doa untuk Keluarga yang Ditinggal Meninggal Dunia

Latin: "Allahumma la taj'al musibatana fi dinina wa la taj'alid-dunya akbara hammina wa la mablagha 'ilmina wa la ila an-nari masirana wa aj'alil jannata hiya darana bi rahmatika ya arhamar-rahimin."

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan musibah ini menimpa agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai tujuan utama kami, dan janganlah Engkau jadikan api neraka sebagai tempat kembali kami, serta jadikanlah surga sebagai tempat tinggal kami dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Kumpulan Doa saat Berduka

1. Doa saat Melakukan Takziah

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ

Latin: "A’dzamallahu ajraka wa ahsana ‘aja-aka wa ghafara li mayyitika"

Artinya: "Sesungguhnya Allah melipatgandakan pahalamu (keluarga yang ditinggalkan), menghiburmu dengan baik, serta mengampuni dosa-dosa orang yang meninggal dunia."

2. Doa untuk Ampunan dan Rahmat

Latin: "Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi wa'fu 'anhu."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, selamatkan dia, dan maafkanlah dia."

3. Doa untuk Tempat yang Baik di Akhirat

Latin: "Allahumma ajirhu min 'adzabil qabri wa min 'adzabin naar."

Artinya: "Ya Allah, lindungilah dia dari siksa kubur dan dari siksa neraka."

4. Doa Meminta Kesabaran dan Kekuatan

Latin: "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahumma ajirni fi musibati wakhluf li khairan minha."

Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan gantikanlah untukku yang lebih baik daripadanya."

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Berikut adalah tata cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal dunia atau ahli kubur:

  1. Saat memasuki area pemakaman, ucapkan salam kepada para penghuni kubur dengan doa di bawah ini:
    Latin: "Assalamu 'alaikum yaa ahlad diyaari minal mu'mineena wal muslimiina, wa innaa insya'allaahu bikum laahiqoon, nas'alullaha lana walakumul 'aafiyah"
    Artinya: "Salam sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kaum mukmin dan muslim. Kami insya Allah akan menyusul kalian. Kami memohon kesejahteraan bagi kami dan bagi kalian."
  2. Membaca surat Al-Fatihah yang ditujukan kepada arwah almarhum. Surat ini memiliki makna penting dan sering digunakan dalam doa untuk orang yang meninggal.
  3. Membaca Doa Khusyuushon Ilaa Ruhi. Membaca doa khusus seperti “Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi wa'fu 'anhu” yang berarti "Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, selamatkan dia, dan maafkanlah dia". Doa ini bisa disertai dengan bacaan Al-Fatihah.
  4. Sebutkan nama almarhum dalam doa dan mohon kepada Allah agar diampuni dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya, serta ditempatkan di tempat yang mulia di sisi-Nya.
  5. Membaca surat-surat tertentu dari Al-Qur'an seperti Surat Al-Qadr dan mengirimkan pahalanya kepada almarhum. Misalnya, membaca Surat Al-Qadr sebanyak 7 kali dan Al-Fatihah sebanyak 3 kali.

Demikian informasi lengkap mengenai kumpulan doa untuk orang meninggal dunia dan doa-doa saat berduka cita.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper