Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Dito Ariotedjo, Calon Menteri Kabinet Prabowo & Menantu Bos Maktour Group

Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus Partai Golkar Dito Ariotedjo berpotensi masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran. Berikut profit menantu bos Maktour Group itu.
Menpora Dito Ariotedjo berjalan keluar usai melakukan pertemuan tertutup di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Menpora Dito Ariotedjo berjalan keluar usai melakukan pertemuan tertutup di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden RI terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sederet tokoh dalam rangka penjajakan posisi menteri. Salah satu tokoh yang dipanggil adalah Menteri Pemuda dan Olahraga RI saat ini yang juga politisi Partai Golkar, Dito Ariotedjo.

Prabowo memanggil sederet tokoh ke rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024). Pemanggilan tokoh-tokoh tersebut merupakan tak lain untuk mengisi posisi calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran yang bakal dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, sederet tokoh berdatangan mulai dari ketua umum partai politik hingga jajaran menteri di kabinet Presiden RI Joko Widodo.

Salah satu nama yang memenuhi panggilan Prabowo adalah Dito Ariotedjo. Pria kelahiran 29 September 1990 tersebut saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Dito menjadi menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi setelah dilantik pada awal tahun lalu. 

Sebelum menjabat sebagai menteri, Dito menjadi salah satu dari tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sejak April 2022.  

Diaa merupakan kader Partai Golkar dan pernah menjabat menjadi ketua umum Dewan Pimpinana Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). 

Dito juga diketahui merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo, eks Direktur Utama Antam yang lengser pada 2019. 

Untuk pendidikan, Dito merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Da juga dikenal sebagai pengusaha. Di bidang olahraga, dia mendirikan RANS Sport bersama dengan Raffi Ahmad dan Rudy Salim. 

RANS Sport menjadi perusahaan media yang membuat dan mendistribusikan konten olahraga dan hiburan bagi penontonnya. Namun, selepas menjadi Menpora, Dito menyatakan mundur dari jabatannya di RANS Sport.

Dia juga sempat menjajaki bisnis coworking space sejak 2012. Bisnis coworking space bernama Freeware Spaces itu melakukan rebranding dengan nama dan konsep baru menjadi Wellspaces.co. Namun, kini bisnis Dito ini sudah tidak beroperasi lagi.  

Dito juga disebut sempat menjalankan bisnis bersama saudaranya Aryo Ariotedjo di bidang investasi startup melalui ‘Grupara Ventures’ yang kini berganti nama menjadi Absolute Confidence (ABSCON). 

Sebelum menggeluti usaha, Dito juga pernah bekerja di PT Medco Power Indonesia milik Arifin Panigoro, sebagai business development. 

Menantu Bos Maktour Group 

Di sisi kehidupan pribadi, Dito Ariotedjo merupakan menantu dari pengusaha serta politisi senior di Partai Golkar, Fuad Hasan Masyhur. Fuad merupakan pendiri dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa umroh dan haji, yakni Maktour Bangun Persada atau Maktour Group. Fuad mendirikan Maktour sejak 1986.

Fuad juga memiliki usaha di bidang perkebunan sawit melalui perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Menthobi Karyatama Raya Tbk. (MKTR). Fuad sebagai pengendali menggengam kepemilikan saham sebanyak 8,27 miliar saham atau 68,67% di MKTR.

Dalam laman resminya, MKTR tercatat mengelola perkebunan kelapa sawit sekitar 6.000 hektare dan pabrik kelapa sawit kapasitas 30 ton per jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper