Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ana Moraru, Pemateri Calon Menteri Prabowo di 'Hambalang Retreat'

Sejumlah pemateri asing dihadirkan oleh Prabowo untuk menggembleng calon menteri dalam acara 'Hambalang Retreat'.
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden terpilih Prabowo Subianto menggelar acara pembekalan kepada calon menteri, calon wakil menteri, dan kepala lembaga di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024).

Sejumlah pemateri asing dihadirkan oleh Prabowo untuk menggembleng calon pembantunya dalam acara 'Hambalang Retreat'. Salah satunya adalah Ana Moraru. Ana merupakan manager kampanye Majoritas Academy. Dia membawakan materi tentang media dan jurnalisme.

Dikutip dari laman resmi Majoritas Academy, Ana memiliki lebih dari 18 tahun pengalaman sebagai konsultan komunikasi, yang mengkhususkan diri dalam penceritaan dan penyampaian pesan strategis di bidang politik. Dia telah mengoordinasikan kampanye digital internasional, menguasai seni komunikasi yang efektif.

Sebagai manajer kampanye, Ana telah mengembangkan strategi yang sesuai dengan beragam audiens, memastikan penyampaian pesan yang berdampak dan menarik. Keahliannya terletak pada menavigasi kompleksitas komunikasi politik, yang menjadikannya aset yang tak ternilai dalam dunia manajemen kampanye.

Sementara itu, situs mediatriner.ro mengungkapkan bahwa Ana memiliki latar belakang yang kuat dalam komunikasi media, produksi televisi, dan PR. Dia telah berhasil menjelajahi lanskap lokal dan internasional, memberikan hasil yang berdampak sepanjang kariernya.

Dengan latar belakang pendidikannya, memungkinkan Ana memahami seluk-beluk industri media. Keahliannya meluas ke berbagai domain, termasuk pelatihan media, berbicara di depan umum, manajemen reputasi, dan komunikasi krisis.

Selain Ana Moraru, pemateri yang dihadirkan Prabowo dalam acara tersebut antara lain, Diaz Shah, Michael Housman, John Mearsheimer, Ray Dalia, hingga Maryam Hussein.

Hambalang Retreat

Adapun presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil para calon wakil menteri yang akan berada di kabinetnya ke Hambalang, Bogor, Jawa Barat atau kediaman Prabowo hari ini, Kamis (17/10/2024). 

Pemanggilan tersebut dilakukan Prabowo untuk memberikan pembekalan pada para calon. Untuk diketahui, pembekalan ini berlangsung selama dua hari dan sudah dimulai dari kemarin, Rabu (16/10/2024).

Berdasarkan pantauan Bisnis, hingga pukul 09.15 WIB pagi tadi sudah banyak tokoh yang berdatangan ke Hambalang. Para tokoh tersebut semuanya mengenakan batik.

Adapun, sosok yang hadir pertama adalah eks Stafsus Presiden Jokowi dari kalangan Milenial Aminuddin Ma’ruf pada pukul 07.00 WIB. Kemudian dilanjut dengan Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang juga sampai di kediaman Prabowo.

Tak hanya itu, banyak beberapa tokoh yang sudah sampai di Hambalang seperti Dirjen PUPR Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menhan Bambang Eko Suhariyanto, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wamankeu Thomas Djiwandono, eks Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Waketum PAN Viva Yoga Mauladi.

Kemudian, ada Ketum Gelora Anis Matta, Wamenkominfo Angga Raka Prabowo, Politisi PSI Isyana Bagoes Oka, Politisi Golkar Dyah Roro Esti, dan tokoh lainnya.

Selanjutnya, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka juga terlihat sudah memasuki area kediaman Prabowo di Hambalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper