Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober

Mahfud MD akan menghadiri undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada, Minggu 20 Oktober 2024.
Mantan Menkopolhukam Mahfud MD di YouTube Abraham Samad Speak Up yang dikutip Senin (7/10/2024).
Mantan Menkopolhukam Mahfud MD di YouTube Abraham Samad Speak Up yang dikutip Senin (7/10/2024).

Bisnis.com, JAKARTA — Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan menghadiri undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada, Minggu 20 Oktober 2024.

Mahfud, yang pada Pilpres 2024 mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo, membenarkan bahwa sudah menerima undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Dia memastikan kehadirannya di acara yang dinilai merupakan agenda penting bagi Republik Indonesia.

“Oh iya saya diundang, saya akan hadir tentu saja karena ini negara, ini negara kan bukan soal politik kelompok, politik perorangan,” kata Mahfud dalam sebuah siniar yang ditayangkan di YouTube, dikutip dari siaran pers, Kamis (17/10/2024). 

Mahfud mengingatkan, setiap warga negara tentu saja memiliki kewajiban untuk menghormati agenda-agenda penting negara. Salah satunya adalah pelantikan presiden dan wakil presiden. 

“Semua harus, kalau negara punya acara itu harus dihormati, saya mau datang,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu. 

Menurut Mahfud, ada kemungkinan dia bakal hadir bersama Ganjar ke Gedung MPR pada 20 Oktober 2024. Namun, rencana itu sedang dikoordinasikan oleh timnya dan tim dari Ganjar.

“Sepertinya mau bersama Pak Ganjar, sepertinya sih, sedang dikoordinasikan, tapi saya menghormati MPR, saya akan datang dan menghormati juga orang yang terpilih,” kata Mahfud.

Sekadar informasi, Ganjar–Mahfud merupakan salah satu dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkontestasi pada Pilpres 2024. Dua pasangan lainnya yakni Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar serta Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming. 

Pasangan Prabowo–Gibran memenangkan Pilpres 2024 sampai dengan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang sengketa hasil pilpres. 

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani menyebut dua kontestan Pilpres 2024 lainnya yakni Anies dan Ganjar sudah mengonfirmasi kehadirannya di Gedung MPR 20 Oktober nanti. 

"Pak Anies Mas Ganjar alhamdulillah insyaallah hadir, saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya," kata Muzani, Rabu (16/10/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper